Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan
sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang
dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan
yang digunakan adalah seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis. Sampai saat ini jaringan internet merupakan
infrastruktur yang ideal untuk menjalankan E-Commerce, sehingga istilah
E-Commerce pun menjadi identik dengan mejalankan bisnis diinternet.
Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information
Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan
komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial.
Menurut website E-Commerce NET, E-Commerce
didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui
internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan
disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran,
jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan diatas pada
dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual,
barang, jasa, dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang
digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar